Supermentor 20 Pecah!

Supermentor ke-20 kembali digelar pada Selasa, 25 Juli 2017 di Djakarta Theater  atas kerjasama Foreign Policy Community Indonesia dengan Bank Dunia dan Pemerintah Australia dengan mengangkat tema Indonesia Great Prosperity Head: Will It Happen? Will It Be Yours?. Terdapat empat pembicara hebat di Supermentor20 yaitu Dino Patti Djalal sebagai Founder Foreign Policy Community Indonesia dan Supermentor, Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia,  Dr Jim Yong Kim sebagai Presiden Bank Dunia dan Maudy Ayunda sebagai Global Shaper World Economic Forum.

WhatsApp Image 2017-07-26 at 17.59.42
Ki-Ka: Dino Patti Djalal, Maudy Ayunda, Sri Mulyani dan Dr Jim Yong Kim – dok.Supermentor20

Dino Patti Djalal

Indonesia’s golden and best prosperity?” or The great prosperity?

merupakan kalimat awal pembuka sesi Supermentor 20 oleh Dino Patti Djalal. Baginya, Indonesia saat ini menjadi anggota G20 dengan perekonomian terbesar dunia dan berpenduduk lebih dari 200 juta orang memiliki peluang untuk menjadi negara lebih baik, Namun, perjalanan untuk mencapainya tidak semulus yang kita kirakan. Harus terdapat proses yang berliku-liku untuk mencapainya. “Nothing is linear”, ujar Dino. Dino pun mengingatkan kalau kita tidak bisa menjadi handal di semua bidang, untuk itu pilih salah satu bidang yang kamu sukai dan kamu dapatkan andalkan.

“Greatness: Cannot be great, Pick your niche!” – Dinno Patti Djalal

Sri Mulyani

Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia tampil memukau dihadapan ratusan penonton yang datang. Sri Mulyani membuka sesinya dengan memamerkan perjalanannya ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur beberapa waktu lalu. “Kemarin saya baru ke Flores, Labuan Bajo. Udah ada yang liat foto saya di instagram gak? Wah kalau ketawa pasti sudah lihat“, tuturnya. Dari pengalamannya di Flores, Labuan Bajo beliau menceritakan betapa pentingnya APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) untuk kemajuan suatu negara, salah satunya untuk membangun infrastruktur di daerah. Namun, fungsi pentingnya APBN belum banyak disadari oleh masyarakat. Hal ini dapat dilihat bahwa masyarakat masih rendah untuk bayar pajak, padahal pajak merupakan sumber untuk APBN dan apabila masyarakat yang bayar pajak rendah akan berdampak pada pengalokasian APBN dalam membangun infrastruktur dan semacamnya. Untuk itu, Sri Mulyani mengingatkan penonton untuk  melaporkan pajaknya ke Dirjen Pajak agar bisa terdata.

WhatsApp Image 2017-07-26 at 09.09.01
Sri Mulyani di Supermentor20 – Dok.Pribadi

Dalam sesi penutupan, Sri Mulyani mengingatkan “Jangan pernah bangga nyanyi Indonesia Raya, kalau kamu engga punya NPWP. Saya sih engga bilang tidak boleh menyanyikan Indonesia Raya karena itu hak asasi, cuma engga pantes aja“, tuturnya.

“It’s not about how much money you have, it’s about how you spend it” – Sri Mulyani.

WhatsApp Image 2017-07-26 at 09.09.01 (1).jpeg
Foto Bersama Sri Mulyani – dok. Pribadi

Dr Jim Yong Kim

WhatsApp Image 2017-07-26 at 15.57.19.jpeg
Dr Jim Yong Kim di Supermentor 20 – dok.Supermentor

Kemudian, sesi selanjutnya merupakan kesempatan bagi Presiden Bank Dunia, Dr Jim Yong Kim. Dr Jim menyatakan pentingnya investasi pembangunan sumber daya manusia pada anak usia dini untuk mengurangi ketidaksetaraan, meningkatkan pertumbuhan di masa depan dan kemakmuran. Menurutnya, anak yang sehat dan bahagia akan menjadi anggota masyarakat yang produktif dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Maudy Ayunda

Maudy mengangkat peran anak muda bagi kemajuan suatu negara. Menurutnya, terdapat tiga peran anak muda. Pertama, our role for ourself yang berarti kita sebagai anak muda harus berani bermimpi dan bukan hanya mengejar bermimpi tapi membuat bermimpi. Kedua, kita memiliki peran sebagai calon orang tua. Kita bertanggung jawab untuk anak-anak kita nanti dan kita memiliki kewajiban untuk menyebarkan manfaat ke komunitas lingkungan sekitar. Ketiga, peran sebagai warga negara aktif dengan cara dua hal yaitu memantau kebijakan pemerintah dan memberikan kontribusi dengan membayar pajak.  Baginya, Knowledge harus diiriingi mindset dan diakhiri dengan consistent action. Maudy menutup sesi Supermentor 20 dengan mengajak penonton deklarasi bersama “kami anak muda Indonesia akan bermimpi, akan berbuat untuk negaranya dan akan peduli satu sama lain.

WhatsApp Image 2017-07-26 at 18.00.28
Maudy Ayunda di Supermentor 20 – dok. Instagram Maudy Ayunda

“We know what we know, we know what can we do.” – Maudy Ayunda.

Nb:

You can watch re-run supermentor20 on here

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s