Will You Marry Me?

Hayo apa yang terlintas di pikiran  mu ketika baca judul diatas? Pasti udah mikir tentang indahnya lamaran dan pernikahan kan? Hahaha tenang-tenang tulisan ini tidak membahas hal tersebut kok (jangan kecewa ya :p). Tulisan ini berawal dari terusiknya pemikiran penulis beberapa bulan belakangan yang semakin maraknya fenomena nikah muda. Sebenernya nikah muda itu penting engga sih? Kalau kata anak jaman sekarang, ada faedahnya engga?

flat-wedding-card_23-2147525633.jpg
Young Marriage. – Source: Freepik.com

Memang sih, saat ini sedang tren menikah ‘cepat’. Baru juga jadi teman dekat, orangtua sudah bertanya, “Kapan dilamar?” Terutama kalau para sahabat dekat juga sudah mulai bertunangan dan bahkan ada yang sudah punya anak. Kalau udah ditanya seperti itu, pasti pikiran mu membayangkan pernikahan dengan doi dan ingin buru-buru menikah. Padahal, menikah tidak semudah yang dibayangkan loh! Banyak konsekuensi yang harus kamu dan doi hadapi ketika menikah di usia relatif muda. Salah satu konsekuensinya yaitu trauma psikologis. Berdasarkan penelitian Dr. Yann Le Strat yang dikutip dari website huffitongpost menyatakan bahwa “anak yang menikah dibawah usia 18 tahun lebih memiliki resiko 41% menderita trauma psikologis”. Sedangkan berdasarkan penelitian PBB, menyatakan bahwa “wanita yang menikah dibawah usia 18 tahun besar kemungkinannya untuk menjadi korban kekerasan oleh pasangannya sendiri”. Bagaimana? Mengerikan bukan? Eh tapi kamu masih berpikir kalau pasangan mu merupakan orang baik, jadi tidak akan menyakitkan kamu. Doi kan cinta sama kamu. Duh, please deh ya jangan kemakan sama yang namanya cinta! Emang disaat kamu sudah menikah, si cinta bisa memenuhi kehidupan mu? Ya engga lah, kamu harus usaha dengan bekerja untuk memenuhi kebutuhan. Meski kamu tidak harus kaya ketika menikah, setidaknya kamu punya pekerjaan yang membuatmu tidak perlu meminta ke orang tua. Ke depannya, kamu bisa sama-sama membangun kehidupan dengan pasangan (ini pun kalau pasangan mu bisa diajak kerjasama, lah kalau doi selfish gimana? :p).  Kebutuhan yang tidak terpenuhi ketika sudah menikah bisa jadi masalah yang berujung  pada konflik yang akan memicu rusaknya pernikahan.

Anak muda sekarang banyak yang bilang ingin memperbaiki diri supaya levelnya setara dengan si pujaan hati. Dengan berpegangan surah An-Nuur:26 yang memiliki arti laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik dan begitu sebaliknya. Tidak ada yang salah memang dengan surah tersebut, tetapi ketika kamu mendekatkan diri mu dengan Tuhan cuma karena ingin mendapatkan si doi..itu yang salah.  Hei usia mu masih relatif muda, hanya ingin jodoh maka kamu mendekatkan diri ke Tuhan? Memang kamu tidak butuh pertolongan Tuhan terhadap urusan mu lainnya? Memang kamu tidak iri dengan teman mu yang sedang berkarir cemerlang atau teman yang meraih beasiswa impiannya? Dear youngpeople, kesempatan mu masih terbuka luas untuk meraih impian-impian mu. Jangan karena mengikuti trend menikah muda, kamu tetiba kebelet untuk cepat menikah. Memang memperbaiki diri itu perlu tapi perlu diluruskan tujuannya untuk apa. Sesungguhnya memperbaiki diri merupakan kewajiban bagi tiap individu, tidak hanya menyangkut soal jodoh semata.

Dear youngpeople, kesempatan mu masih terbuka luas untuk meraih impian-impian mu. Jangan karena mengikuti trend menikah muda, kamu tetiba kebelet untuk cepat menikah.

Dunia ini sungguh teramat luas. Masih banyak ilmu yang belum diketahui. Masih banyak tempat indah yang belum dikunjungi. Masih banyak perjalanan yang harus di lalui. Bukan cuma nungguin kamu yang galau karena doi. Percaya saja setiap individu memiliki batas waktu menikahnya masing-masing. So, don’t worry guys!

Source:

http://www.huffingtonpost.com

http://www.foreignersinuk.co.uk

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s