Kenapa Harus Berkarir di Perusahaan Start Up?

Bagi freshgraduate, mendapatkan pekerjaan merupakan hal susah-susah sulit apalagi pekerjaan yang sesuai passionnya. Banyak dari freshgraduate yang terlalu memilih pekerjaan ketika ia sudah diterima di sebuah perusahaan. Entah pertimbangan gaji, perusahaan besar dan semacamnya membuat freshgraduate masih banyak yang menganggur dalam waktu yang lama.

cara-memulai-bisnis-startup

source: winstarlink.com

Bekerja bukan hanya tentang gaji dan seberapa besar nama perusahaan tempatmu bekerja saja. Orang awam mungkin akan lebih menghargaimu ketika kamu menyebut salah satu perusahaan BUMN atau perusahaan ternama dibanding saat kamu menyebut nama perusahaan startup sebagai tempat kerjamu. Bekerja di sebuah startup tidak kalah keren dengan bekerja di perusahaan ternama kalau kamu mau lihat dari sisi lainnya. Berikut sisi lain startup yang bisa diambil manfaatnya:

  1. Kamu bisa belajar banyak hal, dimulai dari bagaimana caranya bisa memulai bisnis dari nol, ngatur berbagai hal yang diperlukan sebuah perusahaan dan semacamnya.
  2. Berpikir kreatif. Perusahaan startup  mengutamakan kreativitas, mereka menerima ide dari berbagai pihak tanpa memandang posisi dan jabatan. Ungkapkan saja ide yang terlintas di pikiran mu, siapa tahu ide kreatif mu berguna untuk kemajuan perusahaan.
  3. Belajar segala hal dengan cepat. Ketika kamu dapat tugas, kamu dituntut untuk mengerjakan dengan tuntas. Kamu boleh meminta bantuan atau saran selama bekerja. Namun, hasil kerjamu akan menentukan bagaimana orang menilai kinerjamu. Kamu mungkin akan sering melakukan kesalahan. Tetapi, justru karena itu kamu akan belajar banyak hal baru lebih cepat.
  4. Mengenal berbagai karakter setiap individu di tempat kerja. Karyawan yang masih sedikit dan beberapa jajaran pemimpin startup membuat kita lebih cepat mengenal karakter masing-masing sehingga apabila terjadi misscommunication akan cepat diselesaikan dan saling memahami satu sama lain dengan karakternya masing-masing.
  5. Suasana kerja santai. Yap, tak dapat dipungkiri bekerja di startup pasti suasananya santai, tapi jangan terlena ya dengan suasananya yang santai. Dengan terciptanya suasana santai diharapkan kreativitas mu dapat keluar dan di terapkan ke perkembangan perusahaan.

Well, bekerja dimanapun pasti akan ada sisi positif dan negatifnya masing-masing kok. Selamat menjelajahi dunia kerja!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s