Yeay! Lulus! Terus Ngapain?

Sebelum lulus kuliah, seorang mahasiswa semangat untuk menyelesaikan studinya. Ketika masa itu tiba, mahasiswa seringkali bingung untuk menentukan langkah selanjutnya apa. Terkadang saya iseng menanyakan teman angkatan dan adik kelas di kampus, pertanyaannya simple “habis wisuda, lo mau ngapain?” nah banyak dari mereka masih berpikir untuk melakukan apa selanjutnya, bahkan ada yang bilang “gue belum tau kak”.

Berangkat dari kasus diatas, saya berbincang dengan salah satu dosen di kampus yakni Bapak Drs. Suherman Djaenuddin, MM.  Beliau menyatakan masih banyak mahasiswa yang sudah lulus tidak tau mau kemana dan menjalani hidupnya begitu saja tanpa tau tujuan dari hidupnya itu apa. Menurutnya, mahasiswa sesudah lulus sudah harus tau tujuannya mau apa dan cari cara mencapai tujuannya. “Know your destination and find the way”, tuturnya. Kalau kamu sudah mengetahui tujuan mu apa sejak masih kuliah, itu bagus tetapi ketika kamu goyah dengan tujuan mu tersebut sebaiknya konsultasi dengan mentor (bisa orang tua atau orang yang kamu anggap ahlinya).

your-foundation-degree-what-next
What’s Next? – Source: targetjobs.co.uk

Cara mengetahui tujuan kamu mau kemana, kamu perlu mengenali dirimu. Mengutip dari Buku Career First yang ditulis oleh Maya Arvini (Associate Director Gunung Sewu Group & Mentor YOT Campus Ambassador), cari tau lah kekuatan dan kelemahan kamu, prinsip yang kamu pegang dan keahlian serta kompetisi kamu. Dengan mengenali faktor tersebut, kamu dapat mengembangkan dan memperbaiki diri demi tujuanmu. Baginya, pengenalan diri yang baik membantu kita mengarahkan tujuan yang ingin dicapai dan mencapai hal lainnya di masa depan.

20161221_105007

Setelah kamu sudah mengetahui tujuanmu apa, maka buatlah sebuah list strategi yang akan kamu gunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Seperti sebuah perjalanan saja dari daerah A menuju daerah B, maka kita harus tau strategi apa yang digunakan untuk mencapai kesana. Yang berarti kita juga harus mencari tau transportasi apa saja yang menuju ke daerah B, perjalanan yang akan kita lalui dan semacamnya. Kalau sudah, ya kita berangkat melakukan strategi untuk mencapai daerah B. Eh, jangan lupa berdo’a ya dalam setiap kegiatan yang kamu lakukan. Tak lupa, kita juga harus fokus agar tidak bingung dalam memiliki tujuan. Kalau kamu punya banyak tujuan, dibuat list saja dengan pembagian prioritas kamu saat ini dan selanjutnya. Yang benar-benar ingin kamu raih terlebih dahulu yang kamu kerjakan.

Jangan menjadi orang yang seperti kehilangan arah setelah kelulusan. Banyak sekali sarjana yang lulus tiap tahunnya dan kita harus berkompetisi satu sama lain untuk mendapatkan tujuan yang kita mau. Buatlah strategi untuk hidup kamu dan lakukan strategi tersebut. Kalaupun nantinya strategi tersebut ditengah jalan mengalami kegagalan, kamu tidak terlalu kecewa karena sudah mencoba strategi tersebut. Bangkitlah dari kegagalan, buat strategi lainnya dengan berkaca pada strategi sebelumnya yang gagal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s