FAQ – Kenapa kuliah di Hubungan Internasional?

Frequently asked question dibawah ini hadir karena masih ada yang tidak mengetahui apa itu Hubungan Internasional (HI), belajar apa didalamnya dan bagaimana masa depan lulusan Hubungan Internasinal. Agar tidak berulang-ulang menjelaskan maka lahirlah FAQ ini yang semoga dapat menjawab keingitahuan mengenai HI dan bagi yang (masih) galau mau ambil HI apa tidak untuk studinya.

i_love_international_relations_by_belut87

Q: Jurusan Hubungan Internasional itu apa sih?

A: Jurusan Hubungan Internasional (HI) adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari fenomena interaksi diantara aktor-aktor hubungan internasional. Aktor disini bukan hanya negara saja, tetapi  bisa non-negara, misalnya organisasi internasional, dan perusahaan multinasional.

Q: Belajar apa aja di jurusan HI ?

A: Yang dipelajari dalam jurusan HI diantaranya menyangkut pembuatan kebijakan, teori hubungan internasional, aktor-aktor internasional, keamanan dan perdamaian internasional, regionalisme, organisasi internasional, politik internasional, ekonomi internasional, globalisasi dan isu-isu global, ekonomi politik internasional, hubungan internasional,  studi kawasan Eropa, Amerika, Australia dan Pasifik, Timur Tengah, Asia. Enggak lupa juga kita belajar mengenai Pancasila dan Tata negara Indonesia hehe.

Q: Seru enggak belajar HI?

A: Wah seru banget! Karena kita bisa mengembangkan bahasa Internasional lainnya selain bahasa Inggris (third foreign language), membuat networking dengan sesama mahasiswa, mengenal para pembuat kebijakan (pemerintah Indonesia maupun pemerintah negara lain), diskusi isu-isu internasional dan dibalik isu tersebut seperti apa.

Q: Apa yang dikerjakan seorang lulusan HI?

A: Hahaha kalau untuk kerjaan sebenarnya banyak bidangnya karena lulusan HI biasanya sudah terbiasa untuk menganalisis suatu keadaan, mencari solusi dan melakukan berbagai penelitian. Seorang lulusan HI engga harus bekerja sebagai diplomat atau di Kementerian Luar Negeri aja, tapi bisa saja bekerja di communication agency dengan posisi public relations karena ia sudah belajar mengenai ilmu komunikasi dan diplomasi didalam HI itu sendiri. Ia pun bisa bekerja di Bank, Organisasi Non-Pemerintah, Multinational Company, bahkan di media sekalipun. Jadi, tergantung passion kamu di bidang apa karena yang dipelajari luas sehingga bisa kamu explore lebih jauh lagi.

Q: Di HI harus pintar ya bahasa inggrisnya? Kalau ga bisa, gimana?

A: Tenang saja teman-teman HI tidak akan memperolok bahasa inggris kamu kok, kita sama-sama belajar dan saling memberi masukkan.

Q: Skripsi jurusan HI susah enggak? Cari datanya dimana?

A: Untuk skripsi pasti setiap orang mengalami keadaan yang berbeda-beda, mungkin ada yang bilang susah ada juga yang bilang biasa saja. Tergantung diri sendiri dan kasus apa yang kamu angkat untuk skripsi. Biasanya nanti diarahin saat ujian proposal skripsi, judul kamu layak di teliti atau enggak, metode penelitiannya seperti apa dan apa saja yang harus dilakukan.

Q: Nulis skripsi HI itu harus dua bahasa ya? 

A: Hem ini sih tergantung kebijakan dari universitas dan fakultas, karena setiap universitas memiliki kebijakan yang berbeda. So, let’s find out!

Q: Anak HI itu kutu buku dan analitis banget ya?

A: Waduh kenapa ada yang berpikir gini ya…hahaha. Menurut gue sih anak HI engga melulu kutu buku, tapi emang sebagai anak HI dituntut untuk selalu update perkembangan dunia. Jadi, mereka akan mencari caranya masing-masing untuk update hal tersebut. Ada yang menggunakan smartphonenya untuk browsing, ada juga yang beli buku tiap sebulan sekali dan semacamnya.

Q: Berarti jadi anak HI harus punya dompet tebel dong? Kan harus beli buku setiap saat.

A: Big No! Kamu bisa aja minjam buku punya teman, dari perpustakaan digital atau dari dosen (kalau kamu dekat sama dosennya ya, kalau engga yasudah nasib wkwk).

Q: Lulusan HI yang ngetop saat ini siapa ya?

wianda-pusponegoro
Wianda Pusponegoro – dok.Eksplorasi

A: Salah satu lulusan HI yang ngetop yaitu Ibu Wianda Arindita Pusponegoro, Vice President Corporate Communication, PT. Pertamina (Persero). Beliau dulunya merupakan mahasiswa HI di Universitas Indonesia dan sempat bekerja di Metro Tv sebelum di Pertamina.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s