Membuka Pintu Rezeki dari Menulis

31menulis-untuk-menjadi-pintar-dan-kaya-ilmu-part-1

Menulis merupakan kegiatan untuk menyalurkan ide atau gagasan yang ada di kepala seseorang ke dalam bentuk teks. Mungkin bagi sebagian orang menulis itu susah-susah gampang (saya salah satunya, hehe). Untuk itu, saya bergabung di Kelas Menulis Online yang diadakan oleh Inspirator Academy. Di kelas tersebut, kami dapat berbincang dan belajar banyak mengenai dunia tulis menulis. Tak hanya itu, kami jadi memiliki saudara baru. Kelas Menulis Online pada tanggal 20 November 2016, mengangkat tema “Membuka Pintu Rezeki dari Menulis”, yang dibawakan oleh Ridha Bayyinah, Penulis buku Diary Yatim dan Petualang Cinta.

Mba Ridha menceritakan bahwa awal ia menulis itu minim ilmu dan pengalaman mengenai teknis menulis. Namun hal tersebut bukan merupakan sebuah hambatan, baginya hal tersebut dapat dicapai sambil jalan. “Yang terpenting mulailah dengan cinta dan selesaikan dengan kesungguhan”, tuturnya. Bagi sosok wanita ini, menulis merupakan alat untuk membuka rezekinya karena atas keberaniannya menulis maka rezeki hadir dari pintu dan jalan yang tak terduga-duga.

Ia pun membagikan tips bagi penulis pemula untuk konsisten dalam menulis sebuah ide. Pertama, biasakan untuk menulis dengan deadline misal 3 hingga 4 hari. Biarkan tulisan tersebut mengalir apa adanya walaupun tidak nyambung. Tulis saja yang kepikiran, nanti kalau mood kita bagus tinggal dilanjutkan. Kedua, kita membutuhkan peran seorang mentor dan mengenal lingkungan penulis. Untuk itu, maka penting banget bagi seseorang yang bercita-cita menjadi penulis untuk join komunitas menulis.

Dalam menyelesaikan sebuah buku, Ia mengatakan bahwa dirinya memaksa diri sendiri untuk menyelesaikan buku karena menulis sebuah buku merupakan impiannya. Untuk itu, setiap orang harus memiliki motivasi terlebih dahulu untuk menulis sehingga jika suatu waktu kamu mandek dalam menulis, kamu teringat motivasi awal mu itu. Di saat produktif,biasanya penulis dapat menulis berlembar-lembar. Namun, ketika kamu mandek di sebuah tema, buatlah tema tulisan lainnya yang mungkin saat itu sedang ada di pikiran kamu. So, happy writing guys!

8e3d4b8b54e733406566129d3368d74a

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s