Melepas Hijab

Berawal dari sebuah diskusi grup, dimana teman saya melemparkan sebuah pertanyaan “bagaimana pendapat kalian ketika punya teman yang cantik, pintar dan kaya namun melepas hijabnya?”. Sontak  saya langsung terpikirkan pertanyaan tersebut dan bagaimana menjawabnya. Saya pun mencari beberapa referensi terlebih dahulu sebelum menjawab hal ini karena saya tidak mau menyudutkan siapapun itu.

Hijab (bahasa Arab: حجاب, ħijāb) adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti “penghalang”. Dalam hal ini penghalang yang dimaksud penghalang untuk hal-hal yang tidak seharusnya terlihat dan tergapai, seperti aurat muslimah. Hijab merupakan kewajiban bagi setiap muslimah dan bukan merupakan sebuah pilihan. Hal ini dipertegas dengan adanya dalih Al-Qur’an yang berbunyi :

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menjulurkan khimar ke dadanya…” (QS. An Nuur: 31).

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin agar hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…” (QS. Al Ahzab: 59).

Dari  kedua ayat diatas, sudah tentu menegaskan kewajiban kita sebagai seorang muslimah untuk menutup aurat. Ya, terlepas dari pilihan masing-masing apakah melaksanakannya atau tidak. Toh ini  privasi masing-masing individu.

Nah, saat ini banyak fenomena individu melepas hijabnya. Terlepas dari hal tersebut sudah menjadi kewajiban tiap muslimah, muslimah sudah pasti menyadari dan memperhitungkan setiap langkah dan konsekuensi yang akan dihadapinya. Bagi saya pribadi, kita tidak dapat menjudge seseorang yang sudah memakai hijab dan melepasnya kembali ataupun seseorang yang belum menggunakan hijab sama sekali merupakan orang yang tidak baik. Untuk itu, mari budayakan untuk tidak menjudge seseorang dari luarnya saja seperti kata pepatah “don’t judge a book by its cover” dan do’akan saja yang terbaik untuknya.

judge

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s