Supermentor 16 – End Poverty: Tantangan Nol Kemiskinan di Abad 21

Pada 17 Oktober 2016 lalu, saya berkesempatan membantu acara Supermentor 16 yang diadakan di Djakarta Theater XXI. Supermentor 16 mengangkat tema tantangan nol kemiskinan di abad 21 dan pembicara di acara ini yakni Reza Rahadian (SDG’S Mover UNDP), Sri Mulyani (Minister of Finance RI), Vivi Alatas (Lead Economist World Bank), Amb Paul Grigson (Australian Ambassador) dan Dino Patti Djalal (Founder FPCI).

w750_h400px__1476759330
All Speakers Supermentor 16

Reza Rahadian

Sosok Reza Rahadian pasti sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Reza terpilih sebagai penggerak SDGs (Sustainable Development Goals) oleh UNDP dan memiliki tugas untuk berpartisipasi di berbagai program yang berkaitan dengan SDGs dan program UNDP di Indonesia. Di depan 3000 pasang mata yang hadir di acara supermentor 16, Reza menceritakan pengalamannya tinggal di Sumba, Nusa Tenggara Timur selama tiga bulan. Reza melihat dengan mata kepala sendiri bahwa  kehidupan masyarakat di Sumba sangat prihatin dan terbatas. Bersama program bring water for life, Reza bersama UNDP memberikan akses air bersih di Sumba. Namun, pendidikan anak Sumba terbengkalai karena harus mementingkan air bersih untuk kehidupan sehari-hari. Untuk itu, Reza mengatakan “we can do something for other people’s live“. Yap, Reza ridak ingin menyalahkan pemerintah dengan adanya keterbatasan di wilayah Sumba. Reza berharap masyarakat Indonesia mulai peduli dengan kesulitan orang lain.

we can do something for other people’s live” – Reza Rahadian

img-20161017-wa0029
Wefie Bersama Reza Rahadian – dok.pribadi

Sri Mulyani

Bagi Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, untuk menghapus kesenjangan tidak hanya membutuhkan dana namun juga pemikiran dan kemampuan untuk belajar dari kesalahan kita sendiri. Dalam proses menghapus kesenjangan pun, pemerintah membutuhkan kehadiran dan kontribusi masyarakat. “Negara akan maju apabila masyarakat peduli terhadap kebijakan pemerintah”, ujarnya.

Vivi Alatas

img-20161018-wa0014-1
Foto Bersama Vivi Alatas – dok.pribadi

Vivi membuka sesi sharingnya dengan memberikan sebuah tayangan video mengenai kesenjangan yang terjadi sejak seorang anak berada di kandungan Ibunya hingga akhir masa hayatnya. Berdasarkan data terakhir Bank Dunia, jumlah penduduk miskin di Indonesia yakni 28,6 juta jiwa dan jumlah penduduk Indonesia yang rentan terhadap kemiskinan mencapai 62 juta jiwa. Masih banyaknya penduduk miskin di Indonesia membuat pemerintah dan masyarakat perlu bekerjasama untuk mengentaskan kemiskinan. Menurut Vivi, saat ini kita perlu lebih banyak superconnector. Superconnector yakni pihak yang menyampaikan berbagai informasi penting kepada masyarakat mengenai program pemerintah. Untuk berperan sebagai superconnector hanya membutuhkan niat baik dalam menyebarkan informasi yang bermanfaat. Kita dapat menolong orang lain dengan memberikan informasi yang bermanfaat. Bisa jadi orang yang tergolong miskin adalah orang  yang tidak tahu: pentingnya, haknya dan caranya. Dalam hal ini maka superconnerctor hadir dan memberikan informasi melalui percakapan (ngobrol) atau kemajuan teknologi (sharing di media sosial, broadcast info di whatsapp, dll). “Jangan hanya update sedang apa, dimana dan sama siapa di media sosial namun juga update yang bermanfaat untuk orang banyak”, tuturnya.

Paul Grigson

Cu-dJbQUEAEDIvl.jpg
Penampilan Paul Grigson di Panggung Supermentor 16 – dok. World Bank Indonesia

Sosok Duta Besar Australia Untuk Indonesia, Paul Grigson, menyerukan kepada kaum muda untuk berperan aktif memerangi ketimpangan ekonomi. Baginya, kaum muda dengan berbagai latar belakang pekerjaan dan keahliannya dapat menjadi bagian perubahan dan turut mengentaskan kemiskinan.

Dino Patti Djalal

Dino, Founder FPCI, menyatakan bahwa terdapat tiga hal yang mampu untuk menyelesaikan permasalahan kemiskinan yakni pendidikan, teknologi dan entrepreneurship. Ketiga hal tersebut merupakan faktor yang telah dilakukan negara-negara yang sukses mengentaskan kemiskinan.

Acara supermentor 16 pun berakhir pada pukul 21.30 WIB dan diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh pembicara dan dilanjutkan dengan ngobrol santai di ruang VIP untuk pembicara dan panitia.

img-20161017-wa0034
Foto bersama seluruh panitia supermentor16 – dok.pribadi

Note:

If you couldn’t attend the show, you can watch the re-run by streaming on here. Thank you!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s