Being Part of The Biggest Conference in Indonesia and In The World

Long time no posting nih. Kali ini saya mau cerita pengalaman menjadi volunteer di acara Conference Foreign Policy Indonesia (CFIP)  2016 yang diselenggarakan oleh Foreign Policy Community Indonesia pada hari Sabtu, 17 September 2016 di The Kasablanka Hall.

20160919091423.jpg

 

Proses Jadi Volunteer

Di tahun 2016 ini saya coba peruntungan  buat apply jadi volunteer acara CFIP 2016, yang merupakan tahun ke-2 acara ini terselenggara. Pertamanya, saya mendapatkan email dari FPCI yang menginfokan pendaftaran volunteer untuk acara CFIP sudah dibuka dan di email tersebut dicantumkan link untuk mendaftar di gform. Tanpa berpikir panjang, saya mendaftarkan diri di gform tersebut. Setelah itu, saya mencari info di twitter FPCIndo mengenai volunteer CFIP dan saya cukup khawatir bahwa saya tidak akan diterima sebagai volunteer mengingat pendaftar volunteer sudah berjumlah 1000 orang. Wow! Namun, ternyata Allah SWT berkehendak lain. Seminggu kemudian, saya mendapat email notifikasi bahwa saya lolos untuk menjadi volunteer dan wajib mengikuti sesi briefing di kedua jadwal yang telah ditentukan. Apabila tidak mengikuti sesi tersebut maka posisi kita sebagai volunteer akan otomatis di diskualifikasi.

Briefing Tehnical Meeting

Pada jadwal sesi briefing pertama, saya sempat ragu akan sampai ditempat briefing on time karena saya harus menjalani serangkaian tes masuk kerja di sebuah bank internasional ternama di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan. Saya pun menginfokan kepada panitia inti CFIP bahwa saya akan telat. Namun, alhamdulillah saya datang tidak telat untuk briefing. Briefingnya pun dimulai dengan pembagian kelompok jobdesk dan kelompok ruangan. Saya mendapatkan jobdesk usher dan kelompok ruangan Barbados di lantai 2 Kasablanka Hall. Namun, beberapa hari kemudian jobdesk saya berubah menjadi Liaison Officer (LO) Duta Besar Indonesia untuk Rusia dan Belarusia, Bapak Djauhari Oratmangun. Saat mengetahui saya akan mengLO-kan beliau, so excited! 

On Duty

Sebagai seorang LO maka saya bertugas untuk menghubungi pembicara akan datang jam berapa, keperluannya beliau apa saja dan semacamnya. Saya pun sudah berhubungan dengan staff beliau sejak 2 hari sebelum acara berlangsung untuk mempersiapkan segala kebutuhan pembicara. Saat hari H, awalnya saya cukup kebingungan dikarenakan staff beliau tidak ada yang mengetahui jam berapa beliau akan hadir. Staff beliau pun menyarankan saya untuk menghubungi Bapak Jau langsung. Saya whatsapp dan telepon Beliau namun tidak ada jawaban. Saya cukup kebingungan dan saya memutuskan untuk berdiskusi dengan PIC saya untuk mencari jalan keluar. Alhamdulillah, PIC saya menenangkan saya. Tak lama kemudian, Bapak Jau memberikan kabar bahwa Beliau sudah ada di tempat sejak opening session. Wah, langsung saya mencari beliau di posisi yang beliau infokan. Finally, akhirnya ketemu dan mendampingi beliau hingga selesai acara.

After Party

Setelah closing plenary session selesai, otomatis selesai pula berbagai rangkaian konferensi acara CFIP 2016. Lalu, dilanjutkan dengan after party seluruh panitia internal maupun eksternal. Cukup bersatu di dalam kehangatan keluarga baru. Kami bersorak bahagia karena acara kami sukses dan mendapat rekor MURI sebagai konferensi kebijakan luar negeri terbesar di Indonesia dan juga di Dunia. Its so great! Good job, guys!

IMG-20160918-WA0002.jpg
Foto Bersama Dengan Barbados Team.
img-20160918-wa0016-1
Foto Bersama Dengan All Comittee – After Party.

 

 

Leave a Reply

