Membuat Surat Keterangan Sehat dan Surat Bebas Narkoba di RS Budi Asih Jakarta

2 hari yang lalu saya baru saja mengurus surat keterangan sehat (SKS) dan surat keterangan bebas narkoba (SKBN) di RS Budi Asih Jakarta. Nah, kali ini saya mau membahas bagaimana cara mendapatkan kedua surat tersebut? Anyway, surat keterangan sehat dan surat keterangan bebas narkoba ini dibutuhkan ketika kamu melamar pekerjaan ataupun mau lanjut pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pertama kali, kamu ke lantai 1 depan meja receptionist dan bilang bahwa kamu mau mengurus SKS dan SKBN. Biasanya satpam maupun receptionist yang ada sudah paham dan memberikan kamu nomor antrian untuk daftar. Setelah itu, kamu diarahkan ke lantai 2 bagian loket umum (perhatikan baik-baik ya karena loket terbagi 2: loket umum dan loket khusus bpjs) untuk mendaftar. Di tahap ini kamu hanya dimintai KTP sebagai data diri kamu. Kemudian, kamu diarahkan ke kasir untuk membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.15.000,- untuk pasien baru sedangkan Rp.10.000,- untuk pasien lama.

Setelah kamu selesai membayar, kasir akan mengarahkan kamu ke lantai 4. Β  Saat sampai ke lantai 4, langsung saja ke meja susternya dan bilang kalau kamu mau membuat SKS dan SKBN. Suster atau pegawai di meja tersebut sudah mengerti dan akan memberikan 2 form yang harus kamu isi. Ketika kita mengisi form tersebut, pegawai atau suster yang bertugas di meja tersebut akan membuatkan kwitansi pembayaran biaya SKS dan SKBN. Dimana biaya pembuatan SKS dan SKBN masing-masing Rp.20.000,- dengan biaya dokter Rp.20.000,- dan biaya laboratorium Rp.110.000,- sehingga total Rp.170.000,-. Ketika mau membayar biaya tersebut, kamu dipersilahkan kembali ke kasir lantai 2 dan memberikan kwitansi yang kamu dapatkan dari lantai 4.

Ketika kamu sudah selesai membayar biaya tersebut, jalan lah menuju laboratorium di lantai 2. Berikan slip pembayaran yang kamu dapatkan dari kasir dan katakan mau membuat surat keterangan sehat dan surat bebas narkoba. Tunggu beberapa saat, nama kamu akan dipanggil dan diberikan botol kecil untuk menampung urine kamu. Jika botol tersebut sudah terisi, berikan ke laboratorium dan tunggu hasilnya. Hasil akan keluar sekitar 30 menit-an. Saat hasil keluar, nama kamu akan dipanggil oleh pegawai laboratorium dan diberikan selembar hasil laboratarium.

Setelah itu, kamu naik lagi ke lantai 4 untuk memberikan hasil laboratarium tersebut ke suster atau pegawai yang bertugas di meja lantai 4. Suster atau pegawai tersebut akan mengisikan hasil laboratorium tersebut di form data yang kita isi sebelumnya. Mereka juga akan mengarahkan kamu ke ruang dokter untuk pemeriksaan kesehatan. Tenang, pemeriksaan kesehatan disini tidak seekstrim yang kamu bayangkan kok. Dokter hanya menanyakan apakah kamu pernah sakit sampai diopname di rumah sakit 3 bulan terakhir, olahraga kamu apa dan suka makan sayur tidak. Di bagian ini pun, dokter hanya meriksa tensi darah, tinggi dan berat badan. Β Dokter pun mengisikan data tensi darah, tinggi dan berat badan kamu di form yang kamu isi sebelumnya. Kemudian, kamu ngapain lagi habis ini? Sudah kok sudah selesai tahapan pembuatan sks dan skbnnya. Cukup mudah bukan?hehehe.

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s